Minggu, 17 November 2019

Kucing Kena Feline Leukimia Virus? Harus Dirawat Intensif Ya!

Feline Leukimia Virus adalah penyakit leukimia yang menjangkiti kucing dan menyebabkan komplikasi. Leukimia jenis ini berasal dari infeksi parasit dan menyebar melalui urine, air dari hidung dan air liur.


Selain itu juga dapat berasal dari gigitan, berbagi makanan dan minuman. Walaupun jika sudah terjangkit sulit diobati, namun masih bisa dicegah cara tidak mencampurkan kucing Anda dengan kucing liar. Kucing liar berpotensi lebih kuat tertular dan menukarkan Feline Leukimia Virus. Jika kucing Anda tertular, rawat secara intensif dengan hal berikut ini.

Memahami Gejala dan Komplikasi Penyakit Leukimia Kucing
Pahami gejala serta komplikasi penyakit leukimia kucing ini. Jika kucing mendapat perawatan yang maksimal dan intensif maka akan terhindar dari akibat jangka panjang yaitu kanker. Berdasarkan beberapa dokter hewan, disebutkan bahwa leukimia kucing dapat menyebabkan kanker dan abnormalitas pada sel darah merah.

Gejala yang ditimbulkan kucing pada penyakit leukimia ini menyerupai sakit biasa pada kucing yaitu penurunan nafsu makan, tidak bersemangat dan suhu tubuh naik.

Memeriksakan ke Dokter Hewan Untuk Memastikan
Langkah selanjutnya adalah memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan setelah menemui gejala yang ada. Pemeriksaan ini untuk memastikan kebenaran penyakit leukimia yang diderita dan pada tahapan mana kucing tersebut terjangkiti penyakit leukimia. Dari informasi dokter, Anda dapat melakukan beberapa hal terkait  perawatan kucing Anda.

Memberikan Vaksin, Obat-Obatan Pencegahan dan Makanan Bergizi
Pemberian vaksin dan obat pencegahan dari cacing maupun parasit menjadi prioritas utama, terlebih jika kucing Anda belum pernah divaksin untuk penyakit leukimia. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan pada kucing yang sudah terjangkit, sebagai imun tambahan pada tubuh kucing. Jangan lupa untuk memberikan makan bergizi pada kucing Anda dan pemberian makan minum secara teratur setiap hari.

Menjaga Kebersihan Kucing dan Rumah Anda
Bukan hanya diobati tetapi kucing sakit juga harus dijaga kebersihannya, mulai dari dimandikan hingga kandang disemprot desinfektan. Semua dilakukan agar kuman, virus dan bakteri mati. Mengisolasi kucing Ansa yang sedang sakit leukimia sangat dianjurkan agar tidak menular pada kucing Anda lainnya. Satu hal lagi, jangan juga melupakan kebersihan rumah Anda agar aman dan sehat Anda sekeluarga dan hewan peliharaan Anda lainnya.

Jangan takut merawat kucing jika sudah terdeteksi oleh Feline Leukimia Virus, penyakit ini hanya menular ke sesama kucing dan tidak pernah ada riwayat menukar kepada manusia. Gejala penyakit tersebut tidak setiap saat datang meskipun demikian Anda harus waspada jika terjadi perilaku aneh pada kucing Anda.