Senin, 06 Juli 2020

Bedanya Fashion Vintage dan Retro Itu Apa Sih? Ini Jawabannya

Fashion vintage dan retro sebenarnya adalah dua jenis gaya fashion yang memiliki satu tema, yaitu tema jadul atau jaman dulu. Namun, keduanya memiliki versi jadul yang berbeda. Fashion jadul memang selalu melekat pada dunia fashion, sejak fashion tersebut muncul. Tapi, karena ada dua genre yang berbeda yang menciptakan jenis fashion sebelum abad 20 ini maka terbentuklah dua jenis old fashion yang berbeda.


Karakter dari vintage dan retro memiliki kesamaan dalam hal gaya berbusana, namun cara melakukan mix and match termasuk penggunaan aksesorisnya sedikit berbeda. Dengan begitu, terlihat sebuah personality yang berbeda juga dari dua macam gaya ini.

Perbedaan Pada Gaya dan Kesan
Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai perbedaan antara fashion vintage dan retro ini, kita perlu memahami terlebih dulu karakter masing-masing gaya. Pertama, untuk gaya fashion vintage merupakan fashion yang terbentuk dari tahun 20-an hingga 60-an. Sedangkan untuk retro adalah gaya old fashion terbaru setelah vintage, yaitu mulai dari tahun 60-an hingga 90-an.

Perbedaan yang sangat kentara terdapat pada karakter yang terbentuk, untuk vintage memiliki karakter lebih feminin dengan gaya yang sangat lembut dan anggun serta pemilihan warna-warna natural yang sangat soft. Sedangkan, pada gaya fashion retro lebih mengarah pada kesan glamor, gemerlap, berani dan percaya diri dengan menerapkan warna-warna cerah .

Perbedaan Pada Aksesoris
Pemilihan aksesoris pada fashion vintage dan retro pun juga terdapat perbedaan, dan itu masih sangat terlihat sekali perbedaannya. Pada vintage sering menggunakan aksesoris seperti pita atau kerah yang berbentuk bulat, berbeda dengan retro yang memakai jenis rompi serta pengaplikasian manik-manik agar terlihat kesan glamor dan gemerlap tadi.

Begitupun dengan motif yang diaplikasikan pada retro berbeda dengan fashion vintage. Motif untuk fashion retro menerapkan unsur motif simetris yang bersifat bebas, sedangkan vintage menggunakan motif-motif yang lebih cantik seperti polkadot ataupun floral. Dari beberapa perbedaan di atas sudah dapat disimpulkan bahwa keduanya memang memiliki elemen busana yang berbeda tetapi masih menganut konsep old fashion, hanya berbeda masanya.