Minggu, 13 Januari 2019

Diet Alkaline dan Ragam Manfaatnya Bagi Kesehatan

Diet alkaline adalah sebuah metode diet dengan mengatur pola makan dan minum untuk mendapatkan pH dalam darah yang seimbang. Dalam hal makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi adalah yang bersifat basa (alkali) dan membatasi makanan yang bersifat asam. Anda dapat membuat perbandingan makanan basa dan asam dengan 70% dan 30%.


Kandungan pH dalam darah bersifat alkali sehingga dengan asupan makanan bersifat basa maka akan membuat pH stabil. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dengan kadar tinggi, maka pH dalam darah pun akan menurun.

Manfaat Diet Alkaline Untuk Kesehatan
Makanan dan minuman bersifat alkali contohnya sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan bersifat asam diantaranya seperti daging, susu dan telur. Selain dapat menjadi bagian dalam program diet Anda, makanan bersifat basa memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Menyehatkan Ginjal
Dampak dari makanan bersifat asam yang berlebih dapat menyebabkan gangguan pada ginjal Anda. Oleh sebab itu melalui diet sehat dengan konsumsi makanan alkali akan membuat kesehatan ginjal lebih terjaga. Hal ini dikarenakan kandungan pada makanan bersifat basa memiliki kadar air beralkali yang baik bagi tubuh dan organ ginjal.

2. Mengurangi Resiko Kanker
Buah, sayur dan jenis kacang-kacangan dipercaya dapat menjadi asupan bernutrisi yang dapat menangkal sel-sel kanker pada tubuh. Oleh sebab itu, anjuran untuk melakukan diet alkali tidak hanya bermanfaat bagi penderita obesitas dan kelebihan berat badan, namun juga efektif dalam mengurangi resiko penyakit kanker.

3. Menurunkan Resiko Serangan Jantung
Serangan jantung yang dapat terjadi tiba-tiba juga merupakan salah satu akibat dari.pola makan yang salah. Seperti mengkonsumsi makanan asam terlalu banyak sehingga menyebabkan pH dalam darah yang dipompa oleh jantung menjadi tidak seimbang. Selain itu makanan bersifat alkali yang rendah lemak dan kalori membuat jantung lebih sehat.

4. Menguatkan dan Menyehatkan Otot Tubuh
Makan sayur, buah, kacang dan berbagai olahan organik lainnya memang terbukti dapat menguatkan dan menyehatkan otot tubuh.

Jenis makanan bersifat basa tersebut mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh otot dan tulang, sehingga diet alkali sangat bermanfaat bagi Anda pecinta olahraga dan kegiatan dengan gerak aktif lainnya.

This Is The Oldest Page